Senin, 05 November 2012

KEMACETAN DI JAKARTA


KEMACETAN DI JAKARTA

Deskriptif

            Kemacetan di Ibu Kota Jakarta sudah bukan hal yang baru lagi, ini sudah menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kota, daerah, provinsi, serta masyarakat Jakarta itu sendiri. Kemacetan sering terjadi saat pagi hari jam jalan kerja, dan sore hari jam pulang kerja. Ini sangat merugikan bagi semua pihak. Selain rugi bahan bakar yang terus terbuang saat terjebak macet, kerugian juga dialami dari sisi waktu, pikiran, kesehatan, dan kerugian yang lainnya. Dari sisi waktu, tentu masyarakat dirugikan karena banyak waktu yang terbuang sia-sia ketika terjebak di tengah kemacetan.
Sedangkan dari segi pikiran dan kesehatan, masyarakat akan mudah sekali stress akibat setiap hari menghadapi kemacetan yang mnjengkelkan. Belum lagi polusi yang ditimbulkan dari kendaraan yang sudah seperti kerumunan semut apabila sedang terjadi kemacetan. Kemacetan terjadi karena banyaknya kendaraan yang tidak sesuai dengan jumlah luas jalan. Selain itu, kurangnya fasilitas angkutan umum juga menjadi faktor penyebab kemacetan, karena masyarakat lebih memilih memakai kendaraan pribadi. kemacetan juga disebabkan karena tingginya penjualan kendaraan setiap bulannya.

KEMACETAN DI JAKARTA

Persuasif

            Kini kemacetan di Jakarta semakin parah. Masalah penyebab kemacetan semakin hari semakin bertambah. Ini tidak bisa dibiarkan karena masyarakat akan semakin merugi jika terus-menerus seperti ini. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan memulainya dari diri kita sendiri, karena jika bukan kita, siapa lagi ?. Hal-hal yang bisa kita lakukan antara lain adalah dengan menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan transportasi umum, kita akan menghemat bahan bakar dan menghemat tenaga karena tidak perlu berlelah-lelahan mengendarai kendaraan pribadi yang biasanya terjebak kemacetan. Namun ini perlu perhatian khusus dari pemerintah untuk membuat transportasi umum yang aman, efisien, nyaman dan ramah lingkungan. Selain itu, kita juga bisa mengganti kendaraan kita dengan sepeda. Dengan bersepeda, kita akan menghemat biaya bahan bakar dan tentunya mengurangi polusi. Bersepeda untuk kebutuhan transportasi juga bisa menyehatkan badan kita karena dengan bersepeda kita sama saja dengan berolahraga. Dengan begitu kita bisa membantu mengurangi kemacetan dan polusi di kota Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar