Selasa, 10 Januari 2012

Ganti Angin Ban dengan Gas Nitrogen

Salam semua, saya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Tanggal 8 Januari 2012, saya mau pergi mengantar ibu saya membeli kue di daerah Palmerah menggunakan sepeda motor. Setelah siap berangkat saya mengecek keadaan sepeda motor saya. Namun ada sedikit masalah, ban sepeda motor saya kurang angin dan bensin saya hampir habis. Ini tidak bisa dibiarkan, karena jika ban tidak ditambahkan angin, maka tarikan motor akan terasa berat. Ditambah lagi keadaan bensin yang hampir habis. ini bisa bahaya, bisa-bisa motor saya mati dijalan. Akhirnya saya memutuskan untuk ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) dahulu sebelum ketempat tujuan. Kebetulan didekat rumah ada SPBU di Jalan MT Haryono. Meluncurlah saya ke TKP..Sesampainya di SPBU saya langsung mengisi bensin. Tetapi ada yang baru di SPBU tersebut, yaitu tempat pengisian ban dengan gas nitrogen.


Pas sekali dengan yang saya butuhkan, tambahan angin. Saya mengisi ban saya dengan gas nitrogen seharga Rp 5000/ban karena ban saya baru pertama kali diisi gas nitrogen. Apabila yang sudah menggunakan gas nitrogen dan ingin menambahkan gas nitrogennya hanya seharga Rp 2500/ban. Saat mengisi pertama kali mengisi gas nitrogen saya dapat tutup angin ban hijau seperti ini.


Cukup murah untuk segala manfaat yang kita dapat dengan menggunakan gas nitrogen pada ban kita. Manfaat yang didapat dengan menggunakan gas nitrogen pada ban kita antara lain yaitu suhu ban tidak panas karena nitrogen gas yang lebih dingin, sehingga mencegah ban meledak ketika dalam suhu tinggi. Gas nitrogen juga lebih ringan, sehingga kerja mesin tidak terlalu berat dan membuat irit bahan bakar. Selain itu gas nitrogen juga lebih padat, jadi tidak mudah memuai dan ban menjadi tidak cepat kempis. Dari yang saya rasakan memang ada perbedaan antara menggunakan gas biasa dengan gas nitrogen. Ban terasa lebih keras, tarikan lebih enteng dan pengendalian kemudi menjadi lebih leluasa. Jadi penggunaan gas nitrogen pada ban kendaraan kita sangat bermanfaat. Ayo tunggu apalagi, ganti angin ban anda dengan gas nitrogen !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar