Kamis, 12 Januari 2012

Convert CD atau DVD Menjadi ISO File

Penyimpanan data melalui kepingan compact disk (CD) dan DVD sering menemui masalah. Kepingan CD dan DVD yang cepat rusak atau baret-baret kadang membuat data yang ada didalamnya sulit terbaca oleh optik pembaca. Selain itu, masalah juga sering terjadi pada optik pembaca keping CD dan DVD itu sendiri. Ini pasti merepotkan kita apabila data yang ada didalam kepingan ini adalah data yang penting dan sedang kita butuhkan. Saya sendiripun sering mengalami masalah ini. Terutama pada kepingan CD dan DVD installer software. Apabila ada program dari cd yang ingin saya install, tetapi keadaan cd yang sudah tidak mulus lagi, penginstalan kerap terhambat. Saat sedang diinstall, terhenti di tengah-tengah. Ini sangat merepotkan. Saya mencari-cari solusi untuk masalah ini. Lalu saya menemukan program UltraISO.UltraISO adalah program untuk mengubah data di CD dan DVD menjadi ISO file dan menyimpannya didalam harddisk. Sehingga data yang di ekstrak dari CD dan DVD tersebut bisa aman tanpa harus takut rusak atau tidak terbaca karena sudah berbentuk digital didalam harddisk. Walaupun sudah disimpan diharddisk, data tersebut tetap menjadi sebuah kesatuan data CD atau DVD, namun dalam bentuk digital. Jadi bisa CD atau DVD digital. File ISO yang sudah disimpan diharddisk juga bisa dibaca disebuah drive digital yang diikutsertakan dalam program UltraISO ini.
Untuk membuat ISO file cukup mudah. Pertama-tama cukup install UltraISO. Setelah selesai diinstall, masukkan CD atau DVD yang ingin kita convert ke ISO file. Untuk catatan, CD atau DVD yang ingin dijadikan ISO file usahakan masih yang masih mulus, apabila CD atau DVD sudah rusak, kemungkinan tidak bisa juga dibuat ISO file. Setelah itu klik kanan pada DVD drive pada My Computer, diamkan kursor pada title UltraISO, lalu pilih Create CD/DVD image. Perhatikan gambar dibawah ini.




UltraISO pun mulai mengconvert CD atau DVD tersebut dan menyimpannya diharddisk. Cukup mudah bukan ? Ya sangat mudah ! Dan data di CD dan DVD pun aman tentram. Sebenernya program sejenis UltraISO banyak. Seperti Nero dan lainnya. Namun saya memilih UltraISO karena paling simpel dan mudah digunakan. Cukup sekian untuk tips dari saya kali ini, semoga bisa membantu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar